Wednesday, March 28, 2018

Kue Timpan, Kue Wajib Khas Aceh








Kue Traditional Khas Aceh, Kue Timpan

jika kita berkunjung ke Aceh, jangan lupa mencoba menikmati kue Timpan. Makanan khas tanah rencong ini dapat kita jumpai pada saat duduk di warung kopi, toko kue atau acara besar seperti Pernikahan, Hari Raya, Maulid Nabi dan lainnya.

Kue yang termasuk pada jenis kue basah ini umumnya terbuat dari bahan dasar ketan dan pisang raja, tapi dengan perkembangan zaman sebagian juga ada yang menggunakan labu kuning. Untuk varian rasa dalamnya bisa tergantung selera, ada yang berisi srikaya dan ada berisikan parutan kelapa.

Kali ini saya mencoba kue timpan yang terbuat dari labu kuning yang berisis kelapa parut didalamnya. Kue yang dibungkus dengan daun pisang muda ini, menjadi buah tangan yang di cari selain kopi oleh wisatawan saat berkunjung di Bumi Serambi Mekah. Rasa manis dan gurih, teksturnya yang lembut dan aroma khas dari kue ini dihargai Rp.1000,- per buah, murah banget kan? Gak sebanding dengan cara pembuatannya yang memerlukan waktu yang lama.

Bagi masyarakat Aceh kue ini wajib ada pada saat Hari Raya ( Idul Fitri maupun Idul Adha ) dan Pernikahan. Biasanya kue timpan disajikan bersama menu utama lainnya. Ini sudah menjadi tradisi turun menurun dikehidupan masyarakat Aceh.
Jadi, kalau main ke Aceh jangan lupa makan kue ini ya ! :D


No comments:

Post a Comment