Thursday, February 15, 2018

Tips dan Trik cara mudah menghafal Al Qur'an


Photo by : Cahaya diatas Cahaya



Ada yang bilang..... ngafal Al Qur’an itu susah,  dihafal satu hilang satunya lagi. 
Ada yang bilang..... aku tuh pingin banget ngafal Al Qur’an, tapi gak punya waktu. Dari pagi sampe sore kerja, trus sampe rumah udah capek lalu tidur.
Ada yang bilang... aku pingin bisa ngafal Al Qur’an tapi sibuk dengan kerjaan rumah yang segudang trus ngurus anak - anak.

Dari segunung alasan yang ada, kuncinya cuma satu NIAT. Kalo niatnya udah ada, Insya Allah pasti semua jadi mudah ☺

Saya jadi teringat berita kemarin, seorang nenek ( berumur 85 Tahun) didaerah Jawa berhasil menghafal 30 Juz dalam waktu 5 Tahun. Masya Allah ... keren ya 
Tuh ra... nenek - nenek aja bisa masak lo ngak ! ( dalam hati )

Berita ini, langsung saya share ke temen agar bisa menjadi obat semangat untuk beliau yang lagi mulai menghafal.

 Ayok neng... masak nenek itu bisa, kita gak bisa...!!! ( chat Whatsapp ).

Diambil dari kajian Ustadzah Ida dan Ustadzah Lea, saya mencoba gabungkan tips – tips yang saya dapatkan dari kedua ustadzah ini. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk teman – teman yang ingin mencoba Menghafal Al Qur’an.

Sebelumnya, hal yang diingatkan oleh ustadzah ida saat mulai menghafal yaitu,menghafal itu seumur hidup dan jangan buru – buru!.

Kewajiban kita sebagai Hamba Allah SWT terhadap Al Quran :

1.       Tilawah
Artinya membaca. Mengapa kita harus membaca? Karena dengan membaca kita mengerti makna yang terkandung dalam Al Qur'an.

2.       Tadabur
Artinya mempelajari. Hukum membaca Al Qura’an dengan benar ( sesuai tajwid ) adalah Fardhu ‘Ain ( Wajib untuk setiap orang ). Mau tidak mau kita wajib mempelajari ilmu tajwid walaupun sedikit. Sebab, akan terasa sulit saat membaca dan memahami jika tidak mengerti ilmu tajwid sama sekali.

3.       Kita wajib memahami Al Qur’an
Tujuan kita membaca Al Qur’an adalah memahami. Memahami isi yang terkandung didalamnya, karena Al Qur’an adalah pedoman hidup manusia untuk diamalkan isinya, agar hidup kita di ridhoi oleh Allah SWT.

4.       Kita wajib menghafalkannya
Setelah kita wajib membaca, mempelajari,memahami, selanjutnya adalah menghafalkannya. Sebagai contoh; di dalam Sholat, kita wajib membaca surat Al Fatihah dan surat pendek lainnya. Kita akan merasa kesulitan dalam mengerjakan sholat jika tidak bisa menghafalkannya.


5.       Kita wajib mengamalkan dan menyampaikan
Al Qur’an sebagai pedoman hidup orang muslim dan sebagai obat penyembuh hati yang sakit bila kita amalkan dalam kehidupan sehari hari. Kebaikan – kebaikan yang terkandung didalam Al Qur’an alangkah lebih bagus jika kita sebarkan / menyampaikannya kepada orang lain. Selain untuk menambah pahala sekaligus ajang dakwah kita terhadap Agamanya Allah SWT.

Trik Sebelum Menghafal Al Qur’an :

1.       Harus mempunyai tekad / Azzam yang kuat
Misalnya : ingin menjadi hafidzah yang nantinya bermanfaat untuk ummat, ingin menjadi hafidzah untuk orang tua nanti yang bermanfaat diakhirat kelak.

2.       Mensugestikan diri kalau menghafal itu mudah.
Yup, ini bener banget. Saat kita bilang susah atau sulit, saat kita menghafal akan terasa susah. Tapi ketika kita bilang hafalan ini mudah, pasti bisa, Insya Allah pasti bisa dan mudah.

3.       Perbanyak senyum
Seorang penghafal Al Qur’an harus banyak senyum. Jangan cemberut. Menghafal dengan rasa senang dan bahagia, jangan dijadikan beban.

4.       Perbanyak minum Air Putih
Saat kita menghafal godaan syaitan banyak, terutama datangnya rasa ngantuk. Nah, disaat kita ngantuk cepat cepat untuk minum air putih agar ngantuknya hilang.

5.       Memilih tempat yang nyaman untuk menghafal
Carilah posisi yang benar – benar membuat kita nyaman. Agar surat yang kita hafal menjadi mudah untuk masuk dikepala.

6.       Memilih waktu yang baik
Waktu yang bagus untuk menghafal :
-          1 jam sebelum subuh
-          1 jam setelah subuh
-          Ketika bangun tidur malam 
-          Sedikit waktu lebih bagus tapi efektif dari pada waktu yang banyak tapi tidak efektif.

7.       Memilih Mushaf
Mulailah mencari Al Qur’an yang nyaman saat membacanya, enak dibawa – bawa dan jelas tulisannya.

8.       Memilih guru yang tepat
Saat kita sudah memiliki hafalan, carilah guru yang tepat untuk menyetor hafalan kita. Guru yang bisa mengkoreksi hafalan dan tajwid kita.

Tips Efektif bagaimana menghafal Al Qur’an :

1.       Niat yang baik
Niatkan kita menghafal Al Qur’an ini untuk meraih ridho Allah SWT
2.       Komitmen
Berkomitmenlah dengan diri sendiri sehari kita bisanya dapat berapa. Satu baris?  setengah halaman? satu halaman? Seberapapun bisa yang dihafal satu hari usahakan konsisten.
3.       Menyiapkan mental
Jangan mudah berputus asa saat hafalan susah masuk, sabar adalah kuncinya ( melatih kesabaran ).
4.       Latihan pernafasan
Latihan pernafasan bisa dilakukan dengan cara rutin berolahraga, ini bertujuan untuk melatih  nafas kita agar panjang saat membaca Al Qur’an.
5.       Bukan untuk diburu – buru bukan pula untuk ditunda – tunda
6.       Menghafal bukan sekedar untuk mengkhatamkan, tapi rasa senangnya saat bersama Al Qur’an
7.       Muraja’ah / mengulang
Perbanyak mengulang dari pada hafalan baru
Contoh : waktu menghafal 1 jam, waktu mengulang / muraja’ah 3 jam
8.       Menghafal secara sesuap – sesuap
Contoh : menghafal ayat 1, masuk hafalan ayat ke 2 tapi diulang dari ayat 1. Pejamkan mata kemudian diulang 3 kali sambil membayangkan ayat yang dihafal.
9.       Fokus
Memegang mushaf sejajar dengan kedua mata dan hadirkan perasaan saat dalam menghafal.
10.   Pemanasan otak
Contoh :  sebelum mulai menghafal,  sebaiknya kita mengulang – ngulang hafalan yang telah didapat selama 5 menit.

Tips agar anak bisa menghafal Al Qur’an :

1.       Dimulai saat mencari pasangan, carilah pasangan yang sejalan dan mendukung anak menjadi penghafal Al Qur’an
2.       Saat dalam kandungan sering – sering tilawah atau mendengarkan Al Qur’an
3.       Jangan memaksakan anak
4.       Ajari anak menghafal dengan cara yang unik dan tidak membuat ia bosan
5.       Konsisten
6.       Pilih waktu yang terbaik untuk menghafal
7.       Ketika anak sedang asyik bermain, dengarkan ia murotal
8.       Mulai dari yang halal
9.       Jadikan orang tua contoh untuk anaknya
10.   Berilah ia penghargaan saat ia sudah bisa menghafal surat / ayat Al Qur’an

Note dari saya :
Allah SWT itu melihat dan mencatat proses saat kita sungguh – sungguh menghafal. Tiap huruf yang kita baca mengalir keberkahan dan pahala untuk kedua orang tua kita, meskipun belum menghafal semua surat yang ada didalam Al Qur’an ( ceramah dari seorang Ustad ).


Selamat mencoba! 
you can do it :)

#cekrektulisbagi #berSemangat! 



























































































No comments:

Post a Comment